Lebih Sehat

Inilah keunggulan mengkonsumsi makanan berbahan daging ayam kampung. Selain rasanya lebih enak dan dagingnya menggoda di setiap gigitan, ternyata jika ditinjau dari segi kesehatan akan ditemukan banyak kelebihan ayam kampung dibanding ayam broiler dan ayam pejantan.

Oleh karenanya, kini banyak bermunculan rumah makan dan restoran dengan menu andalan berbahan utama ayam kampung dikarenakan semakin tingginya peminat. Dengan ketersediaan peternak ayam kampung yang pengelolaannya baik, maka semakin mudah pula memperoleh bahan baku menu dari daging unggas yang satu ini.

Untuk Brosur 4

Kandang DnR Farm

Ayam kampung struktur dagingnya itu berwarna gelap atau merah, karena mengandung hemoglobin yang tinggi,” ujar Prof. Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari IPB dalam acara Jelajah Gizi Sarihusada di Yogyakarta, dan ditulis Senin (5/11/2012). Prof. Ahmad menjelaskan kandungan hemoglobin ini menunjukkan bahwa ayam ini mengandung zat besi yang lebih tinggi, dan lebih bebas antibiotik, serta kandungan mineralnya lebih lengkap seperti kalsium, kalium, zinc dan fosfor yang membuatnya lebih sehat.

Selain itu Prof. Ahmad juga menyarankan bagi para perempuan agar tidak sering mengonsumsi ayam broiler karena ayam-ayam ini disuntik hormon yang bisa membuat perempuan nantinya jadi lebih cepat mengalami menopause. Apalagi ayam-ayam broiler yang dipelihara cenderung lebih stres. Ini karena sejak kecil paruhnya sudah dipotong agar tidak menjadi kanibal, lalu diberi makan berlebihan yang membuat bebannya lebih berat sehingga kakinya tidak kuat. Jika ayam ini sudah stres sejak kecil maka kandungan gizinya akan menjadi tidak maksimal.

“Walaupun ayam kampung ini lebih alot dagingnya, tapi komposisi lemaknya lebih bagus dan zat gizinya lebih banyak dibandingkan dengan ayam broiler,” ujar Prof Ahmad. sumber : www.detik.com

Sudahkah Anda mengganti menu daging ayam kampung di rumah?

« (Previous Post)
(Next Post) »

Comments are Closed